oleh

Apel Siaga, Ketua Bawaslu Natuna Ajak Jauhi Politik Identitas

ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Indonesia bersiap memasuki tahun politik 2024 dengan kampanye serentak, termasuk di Kabupaten Natuna.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Natuna menggelar Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu Serentak 2024, di Pantai Piwang, Ranai, Kamis 30 November 2023.

Dalam amanatnya, Ketua Bawaslu, Siswandi, menekankan kepada pengawas pemilu dari kecamatan dan desa untuk menjaga integritas dan netralitas penyelenggara selama tahapan kampanye.

Ia berharap, kampanye bukan hanya tentang merebut kekuasaan, melainkan juga menciptakan persepsi masyarakat terhadap sistem demokrasi yang lebih baik.

“Masa kampanye dianggap sebagai ruang demokrasi berwarna dengan program kinerja yang beragam. Ini menjadi momen bagi partai politik dan calon-calonnya untuk menyampaikan visi, misi, dan program kerja kepada masyarakat,” terang Siswandi.

Siswandi mengatakan, Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu menilai masa kampanye sebagai ujian kualitas demokrasi Indonesia, yang harus berjalan adil, jujur, dan tanpa rekayasa.

Siswandi mengajak semua pihak menjauhi politik identitas yang dapat merusak kerukunan sosial. Kampanye dianggap sebagai panggung ide dan gagasan, bukan ajang konflik yang merugikan.

“Bawaslu berkomitmen untuk melakukan pengawasan intensif, menghindari praktik politik uang, intimidasi, dan penyebaran berita palsu yang dapat merusak proses demokrasi,” tuturnya.

Pelanggaran akan dihadapi dengan sanksi sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Siswandi menutup sambutannya dengan mengajak semua pihak untuk menjaga persatuan, menghormati nilai-nilai demokrasi, dan aktif terlibat dalam perjalanan menuju pemilihan yang bermartabat, membangun masa depan demokrasi yang lebih kuat dan berdaya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Natuna, Wan Siswandi, Forkopimda dan diikuti Panwascam di Natuna. (Yahya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed