oleh

Antisipasi Musim Curah Hujan Tinggi, Lanud Raden Sadjad Natuna Bersihkan Saluran Air

2ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Musim hujan seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi banyak daerah di Indonesia. Bencana banjir dan penyebaran penyakit seperti Demam Berdarah Dengue (DBD) menjadi ancaman yang harus dihadapi setiap tahun. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Lanud Raden Sadjad (Lanud RSA) Natuna melakukan berbagai upaya pencegahan dan pemeliharaan lingkungan, khususnya dalam membersihkan saluran dan parit serta melakukan pencegahan nyamuk DBD.

Saluran air dan parit yang bersih merupakan langkah awal yang penting dalam meminimalisir risiko banjir pada musim hujan. Saluran yang tersumbat dapat menyebabkan air menjadi meluap dan membanjiri daerah sekitarnya.

Mengantisipasi hal tersebut, Lanud Raden Sadjad Natuna secara rutin melakukan pembersihan saluran dan parit agar aliran air tetap lancar dengan melaksanakan kegiatan korve rutin dalam membersihkan saluran dan parit yang ada di sekitar Lanud RSA, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu 22 November 2023.

Selain membersihkan saluran dan parit, pencegahan nyamuk DBD juga menjadi fokus utama Lanud Raden Sadjad Natuna. DBD merupakan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti yang biasanya berkembang biak di tempat-tempat yang mengandung air, seperti penampungan air hujan yang tidak terawat. Dalam menghadapi musim hujan, ketika genangan air lebih sering terjadi, risiko penyebaran DBD menjadi lebih tinggi.

Lanud Raden Sadjad Natuna bekerja sama Rumah Sakit dr. Yuniati Wisma Karyani, Lanud RSA dalam melakukan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk melakukan fogging atau pengasapan untuk membunuh nyamuk dewasa serta penggunaan larvasida untuk menghancurkan telur-telur nyamuk.

Langkah-langkah pencegahan yang dilakukan oleh Lanud RSA tersebut tidak hanya bermanfaat bagi kawasan sekitar, tetapi juga sebagai contoh yang baik bagi masyarakat lainnya.

Kegiatan korve bersih-bersih ini dipimpin oleh Kepala Dinas Potensi Dirgantara Lanud RSA, Letkol Pom Fanny Philips, S.H., diikuti para pejabat, Perwira dan Anggota Lanud RSA. (Sarwanto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed