oleh

Wabup Anambas Buka Sosialisasi SPIP

ANAMBASNEWS.COM – Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra secara resmi membuka kegiatan sosialisasi penguatan implementasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) terintegrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Provinsi Kepulauan Riau berlangsung di aula prof. m.zein lantai 3 kantor Bupati Kepulauan Anambas, Kamis 25 Mei 2023.

Wan Zuhendra, mengatakan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait pentingnya Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) terintegrasi kepada seluruh kepala perangkat daerah dan camat se-Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Sistem pengendalian intern pemerintah merupakan proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai, untuk memberikan keyakinan yang memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan,” katanya.

Menurut Wabup Anambas, pada tahun 2022 berdasarkan hasil penilaian cepat maturitas penyelenggaraan SPIP terintegrasi, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas memenuhi karakteristik maturitas penyelenggaraan SPIP pada level 3 (terdefinisi) dengan nilai 3,010 dan skor Manajemen Risiko Indeks (MRI) sebesar 2,871 serta skor iepk sebesar 2,987.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas telah menerbitkan surat edaran nomor: 06/kdh/kka.700/02.2023 tentang “Maturitas Penyelenggaraan Spip Terintegrasi Pada Pemda Kabupaten Kepulauan Anambas” dalam upaya tindak lanjut SPIP terintegrasi di Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas.

Ia berharap kepada BPKP Provinsi Kepulauan Riau untuk selalu mendukung Kabupaten Kepulauan Anambas dalam penyelenggaraan SPIP terintegrasi ini dengan baik.

“Saya juga berharap kepada seluruh kepala perangkat daerah dan camat se-Kabupaten Kepulauan Anambas untuk melaksanakan SPIP terintegrasi ini dengan baik,”pungkasnya.(Ak) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed