oleh

Upaya Puskesmas Letung dalam Mencegah Penyakit Jantung di Pulau Jemaja

ANAMBASNEWS.COM – Pulau Jemaja, salah satu pulau indah di kepulauan Anambas, tidak hanya terkenal dengan kecantikan alamnya, tetapi juga dengan tantangan kesehatan yang dihadapi oleh masyarakatnya. Pada Sabtu, 7 Oktober 2023.

Puskesmas Letung mengambil langkah berani dalam menghadapi masalah kesehatan dengan mengadakan kegiatan senam dan pengecekan kesehatan untuk masyarakat umum di Lapangan Bola Kelurahan Letung. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Gerakan Masyarakat (GerMas) Hidup Sehat.

Tujuan utama dari acara ini adalah untuk mendeteksi dini serta mencegah penyakit-penyakit serius seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung yang kerap menghantui masyarakat Pulau Jemaja.

Menurut Kepala Puskesmas Letung, Adymulianto Manurung, M.Kes, penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian terbesar di Indonesia saat ini.

“Setelah hipertensi, penyakit jantung bisa menjadi ancaman serius. Kegiatan ini adalah upaya kami untuk mencegah masyarakat terkena penyakit yang serius ini,” sebutnya.

Dalam penjelasannya, Adymulianto Manurung juga mengakui bahwa penyakit hipertensi menjadi masalah utama yang dihadapi oleh masyarakat Jemaja. Oleh karena itu, ia menganjurkan semua kalangan, termasuk yang masih muda, untuk melakukan deteksi dini.

“Hipertensi adalah penyakit yang paling umum di Pulau Jemaja. Bahkan orang muda pun bisa terkena hipertensi. Saya sangat menganjurkan agar mereka melakukan deteksi lebih awal untuk pencegahan yang lebih efektif,” tambahnya.

Tak hanya itu, Adymulianto Manurung juga menginformasikan bahwa kegiatan serupa akan diadakan secara berkala, setidaknya 2 atau 3 kali dalam sebulan.

Upaya ini tidak hanya terbatas pada pencegahan penyakit jantung, tetapi juga akan mencakup masalah kesehatan lainnya seperti pencegahan stunting.

“Kegiatan serupa akan kita adakan di waktu-waktu selanjutnya, minimal 2 hingga 3 kali dalam sebulan,” ungkap Adymulianto Manurung.(Akbar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed