oleh

Sekda Anambas Buka Bimtek Pembentukan Badan Layanan Umum Daerah

ANAMBASNEWS.COM – Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar membuka secara resmi Sosialisasi dan Bimtek Pembentukan Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksana Tekni, Bertempat Hotel Tarempa Becah, Rabu 22 Juni 2022.

Acara tersebut di ikuti perwakilan dari Puskesmas dan Rumah Sakit yang terdiri dari Direktur dan Kepala Puskesmas,  Bendahara Penerima dan Pengeluaran, serta staf bagian keuangan Puskesmas maupun Rumah Sakit, OPD, serta Narasumber dari Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar, mengatakan tujuan dilaksanakannya sosialisasi dan Bimtek ini, untuk membangun manajemen pengelolaan keuangan pada masing-masing UPT Dinas Kesehatan di lingkungan Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Namun BLUD itu sendiri adalah sistem yang diterapkan oleh satuan kerja perangkat daerah atau unit satuan kerja perangkat daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat
yang mempunyai fleksibilitas dalam pola
pengelolaan keuangan sebagai
pengecualian dari ketentuan pengelolaan keuangan daerah pada umumnya,” kata Sekda Sahtiar.

Menurutnya, sebuah satuan kerja atau unit kerja dapat di tingkatkan statusnya sebagai BLUD. Kemudian dari unit kerja dengan status BLUD adalah Rumah Sakit Umum Daerah dan Puskesmas yang dapat di tingkatkan statusnya sebagai BLUD.

Dengan melalui konsep PPK-BLUD sesuai
Permendagri Nomor 79 Tahun 2018 tentang Badan Layanan Umum Daerah, RSUD dan Puskesmas.

Ia berharap dengan Bimtek ini, dapat meningkatkan profesionalisme, mendorong enterpreneureship, transparansi dan akuntabilitas dalam rangka pelayanan publik sesuai dengan Tiga Pilar.

Hal ini tentunya, demi memberikan pelayanan yang lebih maksimal terhadap masyarakat. (*Roza)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed