oleh

Sambut Hari Dharma Samudera, Lanal Ranai Gelar Upacara Tabur Bunga di Laut

-Natuna-21 views

ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Pjs. Palaksa Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai Mayor Laut (KH) Rudhy Rusdhiyanto memimpin upacara tabur bunga yang dilaksanakan di Pelabuhan Tanjung Payung Penagi Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, Natuna, Senin 15 Januari 2024.

Upacara tabur bunga di Laut dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera yang bertemakan “Kobarkan Semangat Pertempuran Prajurit Jalasena Yang Tangguh, Profesional dan Modern”.

Peringatan Hari Dharma Samudera diperingati setiap tanggal 15 Januari. Peringatan ini ditujukan untuk memperingati peristiwa heroik yaitu Pertempuran Laut Aru antara TNI Angkatan Laut dengan tentara Belanda.

Upacara berjalan dengan khidmat dengan diawali penghormatan kepada arwah pahlawan kemudian mengheningkan cipta dan dilanjutkan penaburan bunga di laut yang dipimpin oleh Pjs. Palaksa Lanal Ranai Mayor Laut (KH) Rudhy Rusdhiyanto diikuti oleh seluruh Perwira, PNS Lanal Ranai dan anggota Jalasenastri Cabang 8 Korcab IV DJA I.

Pada kesempatannya Pjs. Palaksa Lanal Ranai Mayor Laut (KH) Rudhy Rusdhiyanto yang mewakili Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Maman Nurachman, mengatakan upacara tabur bunga merupakan sebuah penghormatan dan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur sebagai kusuma bangsa dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Lebih lanjut, Pjs. Palaksa Lanal Ranai mengatakan, upacara tabur bunga ini dilaksanakan bertujuan untuk mengenang para pahlawan laut yang telah gugur dalam pertempuran Laut Aru pada tanggal 15 Januari 1962 saat perjuangan pembebasan Irian Barat dari tangan Belanda. (Sarwanto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed