oleh

Pulau Temawan: Permata Tersembunyi di Kepulauan Anambas

ANAMBASNEWS.COM – Terletak di wilayah paling utara Indonesia, Kabupaten Kepulauan Anambas yang merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau memiliki segudang potensi wisata yang tidak kalah dengan daerah lain.

Dengan total 255 pulau, Anambas menawarkan keindahan alam yang mempesona, mulai dari pantai yang luas, air laut yang jernih, hingga terumbu karang yang eksotis dan iklim tropis yang menawan.

Salah satu objek wisata favorit adalah Pulau Temawan, destinasi unggulan bagi para wisatawan untuk melepas lelah dan menikmati deburan ombak di pasir putihnya yang berkilau.

Pulau seluas 2,14 hektare dengan panjang garis pantai 300 meter ini dikelola oleh Pokdarwis Batu Belah di bawah Bumdes 7 Kunci Batu Belah, mendukung destinasi wisata di Pulau Temawan.

Pulau Temawan ramai dikunjungi saat perayaan hari besar keagamaan dan akhir pekan, didominasi oleh kelompok muda-mudi dan keluarga.

Tak hanya wisatawan lokal, turis mancanegara juga sering berkunjung untuk berfoto ria, memancing, berenang, diving, dan bermain wahana air yang tersedia.

*Akses dan Fasilitas di Pulau Temawan*

Untuk mencapai Pulau Temawan, pengunjung bisa menggunakan transportasi yang disediakan oleh pengelola.

Dengan ongkos Rp30.000 PP per orang, pengunjung dapat dijemput di Pelabuhan Desa Temburun menggunakan speed boat atau membayar Rp10.000 untuk transportasi non-boat.

Di pulau, pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas dengan harga terjangkau, seperti:

-Gazebo: Rp50.000
-Banana Boat (kapasitas 5 orang): Rp250.000
-Penyewaan alat-alat pancing dan boat untuk memancing.

Bagi yang ingin menginap, tersedia tenda sewa dengan harga Rp50.000. Fasilitas umum lainnya disediakan gratis.

Pihak pengelola juga menyiapkan makanan sesuai permintaan pengunjung. Selain itu, oleh-oleh seperti Jongkong mini dan Gasing hasil kerajinan masyarakat Batu Belah dapat dibeli dari penjual lokal.

“Kami buka pada hari besar atau Sabtu-Minggu saat akhir pekan, namun pada hari biasa juga bisa dengan reservasi 3 hari sebelum kunjungan di nomor 082284661247,” jelas Ketua Bumdes 7 Kunci Desa Batu Belah, Hendri Syaputra.

*Potensi Wisata dan Pengelolaan yang Baik*

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Guntur Sakti, menekankan pentingnya pengelolaan yang baik dalam destinasi wisata sebagai kunci kemajuan pariwisata.

“Arah kebijakan pembangunan pariwisata Anambas harus berbasis alam dan budaya dengan mengedepankan prinsip pariwisata berkelanjutan dan regeneratif,” ujar Guntur.

Dengan pengelolaan yang baik dan pemanfaatan potensi lokal, Pulau Temawan dan destinasi wisata lainnya di Anambas sangat layak untuk dikunjungi, menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan di tengah keindahan alam Indonesia.(Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed