oleh

Peringati HUT TNI AL dan TNI Ke-77, Lanal Tarempa Gelar Lomba Jongkong Layar

ANAMBASNEWS.COM – Lanal Tarempa gelar Lomba Jongkong Layar di Kampung Bahari Nusantara, Desa Batu Belah, Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Lomba Jongkong ini kami selenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut ke-77 yang jatuh pada tanggal 10 September 2022 dan Hari Ulang Tahun TNI ke- 77 tanggal 5 Oktober 2022 kemarin,” jelas Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf saat membuka Lomba Jongkong Layar, Kamis, 6 Oktober 2022.

Didampingi Forkopimda, Camat Siantan Timur dan Kepala desa Batu Belah, Danlanal Tarempa membuka Lomba Jongkong Layar dengan mengangkat bendera start yang diikuti oleh 15 peserta dari desa-desa di wilayah kepulauan Anambas .

Yovan mengatakan, pihaknya melaksanakan kegiatan Lomba Jongkong Layar di Kampung Bahari Nusantara (KBN) desa Batu Belah sebagai motivasi dan juga upaya dalam memajukan daerah di sektor Pariwisata di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas yang mana desa Batu Belah sebagai desa binaan Lanal Tarempa menjadi Icon percontohan dan motivator bagi desa-desa lainnya.

“Kami sengaja memulai di desa Binaan kami, KBN desa Batu Belah sebagai salah satu contoh yang bisa di tiru oleh desa lain guna memajukan desa dan masyarakatnya dalam sektor Pariwisata, mengingat kapal-kapal turis sudah banyak yang hadir di Anambas dan saya berharap desa Batu Belah sebagai desa Binaan Lanal Tarempa menjadi Icon percontohan dan motivator bagi desa-desa lainnya,” jelasnya.

Tak hanya itu, Yovan menyebutkan, hal ini merupakan wujud pelestarian budaya yang harus terus dilestarikan dan harus ada penerus guna melanjutkan kebudayaan terus terjaga dan tidak hilang seiring berjalannya waktu.

“Saya juga berharap generasi penerus atau siapapun bisa terus melanjutkan dan melestarikan kebudayaan masyarakat Anambas agar tidak hilang dan terus terlestarikan,” ujar Yovan.

Dengan mengerahkan lebih kurang 30 personel Prajurit Lanal Tarempa ditambah dengan pengawak Posal Memperuk yang merupakan Posal jajaran Lanal Tarempa yang terletak di wilayah Kecamatan Siantan Timur, Danlanal Tarempa optimis bahwa pelaksanaan Lomba Jongkong Layar akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Saya telah mengerahkan lebih kurang 30 personel Prajurit Lanal Tarempa yang tiba di Batu Belah dengan menggunakan Kal Ambulance BRI dan Patkamla Tarempa I.4-29 serta ditambah dengan pengawak Posal Memperuk yang merupakan Posal jajaran Lanal Tarempa yang terletak di wilayah Kecamatan Siantan Timur, Saya optimis bahwa pelaksanaan Lomba Jongkong Layar akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan masyarakat serta para peserta lomba merasa terhibur dan bangga dengan keberadaan Lanal Tarempa”, ucap Yovan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala desa (Kades) Batu Belah, Babandi memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terkait dalam hal penyelenggaraan lomba Jongkong Layar di desanya.

“Kami sangat berterimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam acara perlombaan Jongkong Layar khususnya Lanal Tarempa dan Pemerintah Daerah yang telah turut melestarikan kebudayaan masyarakat Kepulauan Anambas dan memilih Kampung Bahari Nusantara (KBN) desa Batu Belah, sebagai tempat kegiatan acara,” ucap Babandi.

Sementara itu, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kabupaten Kepulauan Anambas, Effi Sjuhari menyampaikan, KBN yang merupakan desa Binaan Lanal Tarempa tentu saja banyak manfaat yang bisa menguntungkan masyarakat dan desa tersebut, sehingga pertumbuhan ekonomi suatu daerah tentu saja akan terdorong untuk terus maju.

“Tidak hanya Lanal Tarempa yang bisa memberikan upaya dalam perkembangan suatu daerah, siapa pun yang terdorong untuk memberikan kontribusi tentu saja akan sangat di dukung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas,” ucapnya.

Di akhir acara Lomba Jongkong Layar terpilih pemenang tercepat Lomba sebanyak 4 orang pemenang dan mendapatkan hadiah berupa Piala, Tropi dan sejumlah uang pembinaan kepada sang juara diberikan secara langsung oleh Komandan Lanal Tarempa, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf S.E., M.Tr.Opsla dengan didampingi Kadisbudpar, Camat Siantan Timur dan Kades Batu Belah._Kamis, 06/10/2022.

Berikut nama-nama sang juara Lomba Jongkong Layar di desa Batu Belah :
1. Juara l – Desa Batu Belah – Aidi Adnan – Rp. 3.500.000 + Tropi.
2. Juara ll – Desa Nyamuk – Nazaruddin – Rp. 3.000.000 + Tropi.
3. Juara lll – Desa Munjan – Zamri – Rp. 2.500.000 + Tropi.
4. Juara lV – Desa Batu Belah – Haidir – Rp. 2.000.000.

Turut hadir dalam pelaksanaan Lomba Jongkong Layar diantaranya Kadisbudpar mewakili Bupati Kepulauan Anambas, Ipda Muslim mewakili Kapolres Kepulauan Anambas, Ridho, S.H. mewakili Kacabjari Tarempa, perwakilan Imigrasi Kelas II Tarempa, Perwira Staf Lanal Tarempa, Camat Siantan Timur, Babinsa, Babinkamtibmas, para Kades se-Kecamatan Siantan Timur, Ketua Cabang 3 Korcab IV DJA I beserta Pengurus dan masyarakat Anambas. (roza)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed