oleh

Peran Perusahaan Migas dalam Percepatan Penurunan Stunting di Anambas

ANAMBASNEWS.COM – Kabupaten Kepulauan Anambas terus berupaya menanggulangi masalah stunting, dan peran aktif perusahaan hulu migas seperti Harbour Energy, Star Energy (Kakap) Ltd., KUFPEC Indonesia Anambas B.V., dan West Natuna Exploration Ltd menjadi sorotan.

Melalui mitra kerjanya, Karya Cita Konsultindo (KCK), keempat perusahaan ini berkolaborasi untuk menyusun program efektif dan berkelanjutan.

Proses penilaian kebutuhan dilakukan di lapangan melalui Focus Group Discussion (FGD) dengan Tim Percepatan Penurunan Stunting di Kecamatan Siantan pada 30 November 2023.

Suasana FGD Stakeholders, Pencegahan Faktor Resiko Stunting di Anambas.

Camat Siantan, Kaharzaman, menyambut baik keterlibatan perusahaan migas, berharap kerjasama ini akan mempercepat upaya penurunan stunting.

Dalam FGD, selain Camat Siantan, turut hadir berbagai pihak, termasuk Perwakilan Ahli Gizi Puskesmas, Kasi Kesra Sosial Kecamatan Siantan, Kades dari beberapa desa, dan perwakilan Posyandu.

Kades Sri Tanjung Penglek menyampaikan bahwa keterlibatan perusahaan migas memberikan semangat dan dukungan, terutama dalam mengatasi kendala data yang belum jelas definisinya.

Kades juga mengungkapkan kebutuhan akan data yang akurat untuk intervensi penanganan stunting.

Sementara itu, Ahli Gizi Puskesmas, Santika menyoroti keterbatasan alat ukur dan timbangan di beberapa tempat, menekankan perlunya bantuan dari setiap desa untuk memastikan data yang lebih valid.

Tim KCK, melalui Anif Muchlashin, memberikan pemahaman tentang dampak panjang stunting dan menggambarkan hal ini sebagai investasi masa depan untuk menciptakan generasi emas di Kepulauan Anambas.

“Harapannya, kolaborasi antara Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dan Tim KCK dapat bersinergi untuk merancang langkah-langkah konkret dalam percepatan penurunan stunting di wilayah ini,” terangnya.

Acara FGD berlangsung selama sekitar satu jam, diakhiri dengan harapan dari Camat Siantan agar kerjasama ini menjadi awal mula bagi upaya bersama dalam mengatasi masalah stunting di Kabupaten Kepulauan Anambas. (ADV)

(Akbar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed