oleh

Pengumuman Tahapan Penerimaan CASN Pemkab Natuna Tahun 2024 Terancam Mundur

ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Pengumuman serta tahapan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CASN) oleh Pemerintah Kabupaten Natuna tahun 2024 mengalami ancaman penundaan.

Hal ini disampaikan oleh Muhammad Halim Sanjaya, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Natuna, dalam konferensi pers di Ruang Kerjanya, Bukit Arai, pada Kamis, 21 Maret 2024.

Menurut keterangan Jaya, panggilan akrab Kepala BKPSDM tersebut, keterlambatan ini disebabkan oleh adanya kebijakan baru terkait perincian jabatan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

“Kita diminta oleh Kemenpan untuk merincikan lagi jabatan, nama jabatan kemudian di unit kerja mana penempatannya baik tenaga pendidikan, kesehatan maupun tenaga teknis baik Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK),” ungkap Jaya.

Lebih lanjut Jaya menjelaskan bahwa setelah daerah merinci dan menentukan jabatan serta tempat tugasnya, Kemenpan RB akan mengeluarkan persetujuan teknis (Pertek) untuk jumlah yang disetujui beserta nama jabatan dan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mana saja, namun hal tersebut masih dalam proses.

“Terkait formasi dan jumlah yang diusulkan untuk kebutuhan ASN baik PPPK maupun CPNS, secara garis besar pihaknya sudah masukan, namun karena ada perubahan jadi harus mengusulkan ulang. Dinas Kesehatan dan Pendidikan dirincikan lagi,” tambah Jaya.

Pada penerimaan CASN Tahun 2024, Pemkab Natuna hanya akan merekrut PPPK untuk bidang Pendidikan, sementara di bidang Kesehatan mayoritas akan diisi oleh PPPK, hanya beberapa jabatan yang akan diisi oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS), khususnya untuk jabatan-jabatan yang sulit seperti dokter spesialis, elektromedis, transfusi darah yang langka dan sulit dicari melalui jalur PPPK.

Sementara untuk jabatan teknis, mayoritas akan diisi oleh PPPK dengan tingkatan mulai dari SD, SMP, SMA, D3, atau S1. Namun, harus ada perhitungan yang matang untuk menentukan apakah posisi tersebut memang sangat dibutuhkan.

Proses tahapan pengadaan CASN Tahun 2024 akan dimulai setelah rincian usulan kebutuhan pengadaan CASN sesuai dengan Pertek baru selesai dilaksanakan.

“Kita diminta masukkan rincian usulan kebutuhan pengadaan CASN paling lambat tanggal 29 Maret 2024, setelah kita sampaikan, diverifikasi lagi sama BKN. Kalau sudah fix baru diumumkan secara nasional,” pungkasnya.(Sarwanto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed