oleh

Pemda Natuna Masih Alokasikan Anggaran Transportasi Rujukan Pasien ke Luar Daerah

ANAMBASNEWS.COM,Natuna – Pemerintah Daerah (Pemda) Natuna masih mengalokasikan anggaran transportasi sebagai rujukan pasien yang memerlukan perawatan medis di luar daerah.

Hal ini menjadi langkah dalam memastikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat Natuna, terutama bagi masyarakat yang membutuhkan perawatan khusus yang tidak dapat diberikan di daerah tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Natuna, Hikmat Aliansyah, menerangkan, Dinkes Natuna hanya bertanggung jawab atas biaya transportasi petugas medis yang mendampingi pasien.

Sementara, kata Hikmat, anggaran untuk pasien dan pendamping pasien dari keluarga diatur oleh Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD).

“Peran kita sebagai tim verifikator dalam proses ini. Dalam hal ini, anggaran rujukan pasien dapat diajukan melalui proposal yang kemudian dievaluasi oleh BPKPD,” terangnya.

Hikmat menyebut, setelah proses verifikasi selesai, BPKPD akan langsung melakukan transfer dana yang dibutuhkan untuk transportasi pasien.

“Kebijakan ini diambil untuk memastikan bahwa anggaran yang dialokasikan digunakan secara efisien dan hanya untuk pasien yang membutuhkan perawatan di luar daerah,” ujarnya.

Hikmat menyatakan, hal ini dilakukan agar menghindari potensi penyalahgunaan anggaran, seperti yang pernah terjadi ketika salah satu pasien menerima dana transportasi namun tidak menggunakan fasilitas tersebut.

Hikmat mengatakan, dengan pengalokasian anggaran transportasi rujukan pasien ini, Pemda Natuna berupaya memberikan perlindungan kesehatan yang komprehensif dan terjangkau bagi warganya.

“Upaya ini mendukung visi pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau bagi semua masyarakat Natuna,” tuturnya.(Sarwanto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed