oleh

Pembukaan STQH Desa Tarempa Selatan Sukses di Gelar

ANAMBASNEWS.COM – Pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) tingkat Desa di Desa Tarempa Selatan, Kecamatan Siantan, sukses digelar di Masjid Al-Amin, Dusun 1 Batu Tambun, Kamis 16 Februari malam.

Kepala Desa Tarempa Selatan, Surianto mengatakan, kegiatan ini merupakan yang kedua kali digelar di Desanya, yang mana bertujuan untuk memberikan wadah bagi para Qari dari Desa Tarempa Selatan.

“Ini merupakan STQH ke-2 yang sudah kita gelar, dan tujuan kita adalah memberikan wadah kepada para Qari untuk tampil menunjukkan kemampuannya dalam melantunkan ayat suci Al-Qur’an kepada masyarakat,” kata Surianto.

Menurutnya, dalam kegiatan tersebut terdapat 64 Peserta yang mengikuti perlombaan mewakili RT dan RW diseluruh Desa Tarempa Selatan.

“Dalam STQH ini ada 2 kategori yang dilombakan, yaitu Tartil dan Hifdzil, yang mana nantinya ada total 64 peserta mewakili RT dan RW nya untuk mengikuti perlombaan ini,”kata Surianto.

Surianto berharap dengan adanya STQH ini, dapat melatih dan mengasah kemampuan Qari yang berbakat dari Desa Tarempa Selatan untuk maju ke tingkat Kecamatan hingga Kabupaten atau Provinsi.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur karena tahun ini, kegiatan STQH dapat kembali digelar setelah 2 tahun Anambas dilanda oleh pandemi Covid-19.

Dengan kembali dilaksanakan kegiatan tersebut, para generasi muda yang memiliki bakat sebagai Qari kini memiliki wadah untuk menunjukkan kemampuannya kepada masyarakat banyak.

“Kita mesti bersyukur karena setelah 2 tahun pandemi Covid-19 kali ini kita dapat kembali menggelar STQH tingkat Desa, dan tentunya kegiatan ini memberikan dampak yang baik kepada masyarakat,” ucap Abdul Haris.

Haris juga menyampaikan, STQ dan MTQ merupakan kegiatan yang strategis dan mulia, karena dalam kegiatan tersebut para Qari saling menggaungkan ayat suci Al-Qur’an.

“Ini merupakan kegiatan yang mulia, karena dalam menggaungkan ayat-ayat suci Al-Qur’an tentunya akan timbul dampak positif yang akan dirasakan oleh yang mendengarnya,”katanya.

Bupati menyebut, Pemerintah Daerah akan terus mendukung kegiatan-kegiatan serupa, karena dengan adanya STQH ini, dapat menyaring para Qari untuk membawa nama Anambas ke MTQ tingkat Kabupaten atau Provinsi.(*Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed