oleh

PDAM Tirta Nusa Ranai Andalkan Curah Hujan Penuhi Kebutuhan Air Warga

-Natuna-54 views

ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Nusa Ranai, Zaharuddin, mengungkapkan permintaan maaf kepada masyarakat terkait pengurangan debit air yang terjadi saat ini.

“Hal ini kita disampaikan karena PDAM Tirta Nusa Ranai selama ini hanya mengandalkan curahan hujan untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat,” kata Zaharuddin saat ditemui diruang kerjanya, Rabu, 20 Maret 2024.

Menurut Zaharuddin, permasalahan ini disebabkan oleh kondisi dan kemampuan yang tidak sesuai dengan fasilitas yang ada di PDAM Tirta Nusa Ranai.

Saat ada air akibat curah hujan, bak penampungan air dapat terpenuhi, namun pada musim kemarau, sulit untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

“Kecuali embung itu (di Sebayar) sudah bisa dioperasikan. Karena itulah solusi yang paling tepat untuk mengatasi musim kemarau seperti saat ini,” ungkap Zaharuddin.

PDAM Tirta Nusa Ranai harus mempersiapkan cadangan air bersih dan menggunakan mobil tangki untuk mengantar air ke pemukiman warga yang terdampak kemarau.

Zaharuddin menekankan bahwa pengiriman air tidak dibatasi dan akan terus dilakukan selama masyarakat memiliki tempat penampungan air.

Meski demikian, Zaharuddin mengimbau kepada masyarakat yang memiliki sumur untuk hanya menggunakan air tersebut untuk keperluan cucian. Untuk keperluan masak dan minum, Zaharuddin menganjurkan agar menggunakan air dari PDAM Tirta Nusa Ranai sebagai langkah menjaga kesehatan dan keamanan air konsumsi.(Sarwanto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed