oleh

Patroli Siber, Polres Natuna Awasi Akun Medsos Calon Peserta Pemilu 2024

ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Kepolisian Resor (Polres) Natuna terus menginsentifkan patroli siber untuk pengamanan pemilihan umum (Pemilu) Serentak tahun 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan Kasatreskrim Natuna Iptu Aprydoni saat diwawancarai awak media di Lantai II Kantor Bupati Natuna, Senin 4 Desember 2023.

Aprydoni menjelaskan, bahwa tahun ini setiap calon peserta Pemilu sudah menggunakan media sosial (Medsos) untuk berkampanye.

“Untuk itu, setiap calon peserta Pemilu wajib melaporkan akunya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU),” ujar Aprydoni.

Sementara, terang Aprydoni, kalau akun calon peserta Pemilu tidak terdaftar dan didalamnya ada berbentuk ujaran kebencian, kampanye-kampanye hitam dan sejenisnya, melalui Medsosnya maka akan dikenakan undang-undang tindak pidana siber.

“Jika akunnya terdaftar dan melakukan pelanggaran maka akan dikenakan undang-undang tindak pidana Pemilu seperti yang diatur dalam Peraturan Komisi Pemiluhan Umum (PKPU),” ungkap Aprydoni.

Menurut Aprydoni, hingga saat ini Polres Natuna belum menemukan akun-akun dari para calon peserta Pemilu yang melanggar.

“Seiring berjalannya Pemilu kita sudah mulai melakukan patroli siber,” bebernya.

Aprydoni mengutarakan, pihaknya sudah mendapatkan akun para calon peserta Pemilu yang dipakai untuk berkampanye. “Karena kita khawatirkan ada akun lain yang digunakan tapi tidak terdaftar di KPU,” tukasnya. (Sarwanto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed