oleh

Menkeu Targetkan Pendapatan Negara Naik Rp 2.463 Triliun Tahun Depan

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut, pendapatan negara naik pada 2023.

“Pendapatan negara naik Rp 19,4 triliun dari Rp 2.443,6 triliun jadi Rp 2.463 triliun,” kata Sri Mulyani dalam rapat kerja dengan Banggar DPR RI terkait Penetapan Postur Sementara RUU APBN 2023 berdasarkan Hasil Panja Asumsi Dasar, Pendapatan, Defisit, dan Pembiayaan, Rabu, (14/9/2022)

Target tersebut sudah disepakati oleh Badan Anggaran DPR RI.

Sri Mulyani menjelaskan target pendapatan negara tahun depan sudah mengesampingkan Program Pengungkapan Sukarela (PPS) atau tax amnesty jilid II yang sudah berakhir dan unsur komoditas yang diperkirakan mengalami penurunan.

Target kenaikan pendapatan negara dikarenakan tarif PPN menjadi 11% dan melihat unsur perekonomian yang relatif stabil.

“Kalau bicara tentang target pajak, dari awal kan kita sudah sampaikan baseline-nya kita bersihkan dari unsur komoditas maupun PPS sehingga itu meng-capture unsur dari perekonomian yang lebih relatif stabil,” ujar Sri Mulyani dilansir dari detikfinance.

Pendapatan negara terbesar berasal dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yakni naik Rp 15,1 triliun menjadi Rp 441,4 triliun. Khusus penerimaan Sumber Daya Alam (SDA) menjadi Rp 196 triliun.

Kemudian penerimaan perpajakan naik Rp 4,3 triliun menjadi Rp 2.021,2 triliun. Hal itu terdiri dari penerimaan pajak mencapai Rp 1.718 triliun, serta pendapatan kepabeanan dan cukai akan mencapai Rp 303,2 triliun.

Editor: Nato

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed