oleh

Mahasiswa UGM Buat Detergen Ramah Lingkungan dari Belimbing Wuluh

ANAMBASNEWS.COM — Kandungan zat kimia dalam detergen bisa menyebabkan kematian organisme di air, mencemari eksosistem, hingga membahayakan kesehatan manusia. Tak hanya itu, penggunaan detergen sintetis juga menyisakan persoalan limbah sampah plastik bungkus bekas detergent.

Peduli akan persoalan tersebut, sekelompok Mahasiswa UGM mengembangkan detergen ramah lingkungan berbahan dasar buah belimbing wuluh yang diberi nama Paper GenB. Inovasi itu lahir dari gagasan Rizqa Irma Widayati (Kimia), Pangestu Arum Pratiwi (Kimia), Nadia Ramadhani (Kimia), Aufa Nasywa Rahman (Teknologi Informasai), dan Afix Vega Praditya (Teknologi Informasi) yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan UGM.

“Kami prihatin dengan persoalan lingkungan yang ditimbulkan dari pemakaian detergen sintetis. Oleh sebab itu, kami membuat detergen yang eco-friendly dan biodegradable dengan menerapkan prinsip zerowaste,” papar Rizqa seperti dilansir anambasnews dari ugm.ac.id, Kamis (9/11/2023).

Rizqa mengatakan Paper GenB ini hadir sebagai salah satu produk inovasi detergen ramah lingkungan. Produk ini dibuat dengan menggunakan belimbing wuluh sebagai bahan dasarnya. Pemilihan buah tersebut sebagai bahan dasar, karena di dalamnya mengandung senyawa yang bisa dimanfaatkan sebagai detergen alami dan tentunya ramah lingkungan.

“Belimbing wuluh memiliki kandungan senyawa saponin yang bisa dimanfaatkan sebagai busa alami pada detergen dan aman bagi lingkungan,”terangnya.

Produk ini menghasilkan sedikit busa karena dibuat dari bahan alami. Dengan begitu, produk tidak mengiritasi kulit dan tidak mencemari ekosistem perairan.

Lalu, produk ini dikembangkan dalam bentuk lembaran (sheet) dengan kemasan yang mudah terurai dan didaur ulang. Meski dikemas dalam bentuk lembaran kertas, berbeda dengan produk detergen yang umumnya berbentuk cair atau serbuk, tetapi produk ini mudah larut dalam air dan terbukti bisa dipakai untuk  mencuci pakaian. Produk ini juga dengan dilengkapi kode QR terintegrasi website sebagai sarana edukasi, komunikasi, dan pembelian.

“Paper GenB dapat digunakan pada segala macam pencucian baik secara manual, mesin cuci top load, maupun mesin cuci front load,” jelasnya.

Bagi Anda yang tertarik terhadap produk ini jangan khawatir, sebab Paper GenB sudah dipasarkan di sejumlah marketplace seperti shope, tokopedia, dan website resmi papaergenb.com. Untuk 1 pack Paper GenB berisi 30 sheet dijual dengan harga Rp35.000. **

**Editor: Indra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed