oleh

Kunjungi Anambas, Menteri KP Tinjau Keramba Ikan dan Gelar Aksi Bersih Laut dan Pantai

ANAMBASNEWS.COM – Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono bersama Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan Tafanto beserta rombongan lakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Anambas, Rabu, 19 Oktober 2022.

Bupati Kepulauan Anambas bersama jajaran Forkopimda menyambut langsung kedatangan Menteri KP Indonesia bersama rombongan di Bandara Matak.

Adapun rangkaian acara kunjungan kerja Menteri KP diantaranya Peninjauan Keramba Ikan di Desa Air Sena serta Aksi Bersih Laut dan Pantai dalam rangka Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut yang berlangsung di Pantai Tanjung Momong Kabupaten Kepulauan Anambas.

Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut (Gernas BCL) tersebut maksudnya adalah satu bulan dalam satu tahun nelayan diminta untuk tidak mengambil ikan melainkan mengambil dan mengumpulkan sampah. Untuk kemudian sampah akan dibayar sesuai harga ikan terendah.

Gernas BCL ini merupakan implementasi salah satu dari lima desain program ekonomi biru oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Menteri Trenggono menggaungkan betapa pentingnya dalam menjaga kesehatan laut dimana sangat berpengaruh terhadap produktivitas perikanan maupun wisata bahari yang ada di pulau terluar.

Menteri KP juga mengatakan Potensi tersebut bisa terus ditingkatkan, sehingga kesejahteraan masyarakat pesisir ikut meningkat.

“Hal penting terkait kunker saya ke sini dengan menggunakan baju BCL adalah gerakan nasional. Kita mengedukasi masyarakat supaya betul-betul sadar unutk tidak membuang sampah plastik di laut, dimana hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan laut kita,” jelas Trenggona dalam pidatonya.

Bupati Kepulauan Anambas dalam sambutannya menyampaikan ungkapan rasa bahagia dan bangga atas kedatangan Menteri KKP beserta rombongan yang sudah lama sekali dinanti dan menyambut baik gelaran Gernas BCL khususnga di wilayah Pantai Tanjung Momong Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Kesehatan laut memiliki pengaruh besar terhadap jumlah populasi perikanan di laut, begitu juga dengan tingkat kunjungan wisatawan,” ungkap Haris dalam sambutannya.

“Kami telah menerbitkan regulasi yaitu Peraturan Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas Nomor 4 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Sampah. Melalui Perda tersebut, bersama lembaga pemerintah lainnya, pihaknya juga rutin mengajak masyarakat melakukan aksi bersih-bersih sampah di pantai,” jelas Haris.

Peserta yang turut serta dalam Gerakan Bulan Cinta Laut di Kabupaten Kepulauan Anambas terdiri dari kolaborasi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, UPT KKP, TNI/POLRI, Kecamatan dan Desa, Sekolah SD/SMP, Komunitas yang diantaranya KOMPAK, HNSI, Nelayan, dan Masyarakat.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan dialog antara Menteri KP bersama perwakilan nelayan  yang dipandu oleh medarator yaitu Kepala Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas serta ditutup dengan penyerahan bantuan secara simbolis oleh Menteri KP kepada Nelayan dengan didampingi Sekjen Kemhan RI, Bupati Kepulauan Anambas dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas. (*Roza)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed