oleh

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tarempa Kenalkan E-Pasport ke Siswa dan Siswi SMK

ANAMBASNEWS.COM – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tarempa mengenalkan E- Pasport dan edukasi tentang keimigrasian kepada siswa dan siswi di SMK Negeri 4 Kabupaten Kepulauan Anambas, di Desa Tiangau, Kecamatan Siantan Selatan.

Hal ini demikian disampaikan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tarempa melalui Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Ronald Ferdinand Rafudi saat sosialisasi E-Pasport, pada Kamis, 20 Juni 2024.

Ronald Ferdinand Rafudi dalam paparannya menyampaikan, bahwa E-Pasport ini mempunyai beberapa kelebihan, salah satunya tanpa menggunakan visa di negara bagian Asia Tenggara.

“E-Pasport ini juga sudah ditanamkan chip didalamnya, sehingga mendapatkan kemudahan Auto get, atau tanpa melewati counter checkin dan kebijakan visa waiver,” ujar Ronald.

Ronald menjelaskan, visa waiver merupakan rekomendasi yang diberikan kepada warga negara asing untuk dapat masuk ke negara Jepang dan bukan berarti izin mutlak atau jaminan untuk dapat masuk ke negara Jepang.

“Pengenalan E-Pasport ini tidak hanya sebatas kepada para pelajar seperti yang sedang kita lakukan, seluruh masyarakat juga bisa mendapatkan E-Pasport,” tambah Ronald.

Sementara, Perwakilan Kepala SMKN 4 Anambas, Nolly memberikan apresiasi atas kunjungan pihak Imigrasi Kelas II TPI Tarempa dalam menyampaikan sosialisasi terkait E-Pasport dan Keimigrasian.

“Terimakasih kepada pihak Imigrasi Tarempa yang telah memilih SMKN 4 Anambas sebagai tempat sosialisi, saya harap para murid dapat menyerap apa yang disampaikan narasumber sebagai ilmu yang bisa di ambil dan disalurkan kepada sekitar kita,” kata Nolly.

Disamping itu, para Taruna Muda Politeknik Imigrasi Tanggerang yang juga hadir dalam kegiatan tersebut juga turut menjelaskan terkait sekolah kedinasan khusus keimigrasian yang merupakan sebuah akademi imigrasi dalam menciptakan SDM unggul yang siap mengabdi kepada negara.

“Politeknik Imigrasi sendiri sama seperti sekolah kedinasan khusus lainnya, mempunyai 4 tahun masa pendidikan, setelah pendidikan mendapatkan kepastian menjadi CPNS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia golongan IIIa,” jelas Albert Holy Siahaan, salah satu Taruna Muda Politeknik Imigrasi.

Alberd juga menyampaikan, Politeknik Imigrasi mempunyai 3 jurusan seperti Hukum Keimigrasian, Administrasi Keimigrasian dan Manajemen Keimigrasian. Para calon Taruna mulai pendaftaran hingga pendidikan juga tidak dipungut biaya sedikit pun di Politeknik Imigrasi.

Masyarakat yang ingin anaknya menjadi Taruna Politeknik Imigrasi Bisa mendaftar di website Catar.kemenkumham.go.id atau bisa dari Instagram Politeknik Imigrasi untuk mendapatkan informasi persyaratan lebih detail.

“Persyaratan lebih lengkap dapat di akses di website atau kunjungo Instagram Politeknik Imigrasi, nantinya jika diterima menjadi taruna, akan mendapatkan fasilitasi lengkap seperti asrama, makan 3x sehari, pakaian dinas lengkap, uang saku bulanan, serta banyak lagi,” papar Albert.(Akbar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed