oleh

Hulu Migas Masih Akan Berkontribusi Secara Berkelanjutan Bagi Negara

ANAMBASNEWS.COM – Industri hulu migas masih akan menjadi salah satu sektor industri yang dibutuhkan dan memberikan kontribusi bagi negara serta salah satu kontributor utama dalam pembangunan di pusat dan daerah.

Optimisme tersebut didasari atas masih dibutuhkannya migas sebagai sumber penyediaan energi maupun bahan baku industri, serta peranan gas yang semakin
penting di era transisi energi.

Penegasan mengenai peranan hulu migas yang berkelanjutan disampaikan oleh Sekretaris SKK Migas Shinta Damayanti dan Direktur Utama PT Antam (Tbk) Nicolas D Kanter pada kegiatan Lokakarya Kehumasan Hulu Migas 2023 yang dihadiri oleh pimpinan tertinggi komunikasi Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang diselenggarakan di Bandung tanggal 21-22 Agustus 2023.

“Untuk mengingatkan kita semua dan pemangku kepentingan bahwa industri hulu migas sudah membersamai pembangunan sejak tahun 1951 ketika industri lain yang berasal dari sumber daya alam belum ada. Dari 1951 hingga sekarang atau dalam waktu 72 tahun sudah puluhan ribu triliun sumbangsih hulu migas bagi negara untuk membangun perekonomian dan kesejahteraan rakyat,” kata Shinta (21/8).

Lebih lanjut Shinta menambahkan bahwa industri hulu migas tidak hanya mengejar target produksi semata, tetapi juga menunjukkan keberpihakannya dalam mendukung program peningkatan kapasitas nasional yang di tahun 2022 capaian TKDN hulu migas mencapai 64%. Kemudian Shinta menunjukkan
komitmen dan keberpihakan hulu migas terhadap lingkungan yang menjadi salah satu target yang ditetapkan oleh SKK Migas melalui program low carbon inisiatif serta program penanaman pohon sebagai salah satu cara offset.

Shinta menyampaikan ada lima hal yang menjadi kunci dalam membangun dan menjaga reputasi, yaitu Kejujuran, Konsistensi, Akuntabilitas, Kredibilitas dan Kontinuitas. Tidak cukup hal positif yang dimiliki suatu perusahaan dipublikasikan hanya 1 kali ataupun 10 kali saja, tetapi harus ber kali kali, berulang ulang secara konsisten.

Menjadi narasumber pada acara Lokakarya Kehumasan Hulu Migas 2023, Nicolas D Kanter Direktur Utama PT Aneka Tambang (Tbk) menegaskan agar insan komunikasi selalu menjaga dan mengedepankan integritas dan kejujuran.

Nico mengingatkan agar jangan biarkan rasa takut menghalangi utk mengatakan dan berbuat benar. “Jangan sampai perusahaan kehilangan reputasi karena tidak bisa melakukan komunikasi yang baik, serta komunikasi sebaiknya dilakukan secara kolaboratif dengan pihak-pihak yang memiliki kepentingan serta bisa me-manage isu-isu yang berkembang,” ujar Nico di Bandung (21/8)

Nico mengingatkan agar insan komunikasi hulu migas memperkuat keahlian yang terkait empathy meningkatkan kemampuan Emotional Quotient Intelligence (EQ) agar memiliki kemampuan untuk mengontrol emosi ketika menyampaikan sesuatu kepada publik maupun media.

Terkait industri hulu migas, Nico yang telah berkarir selama 39 tahun di industri ekstraktif termasuk di industri hulu migas, menyampaikan bahwa kontribusi industri hulu migas kepada negara sangat besar dan berlangsung dalam waktu yang lama. Nico menyampaikan bahwa industri hulu migas masih memiliki masa depan, terlebih kebutuhan migas terus meningkat dan peranan hulu migas sangat penting di era transisi energi.

“Keberlanjutan industri hulu migas harus didukung dengan kegiatan eksplorasi yang masif agar bisnis ini tetap berkelanjutan serta ditopang pula oleh implementasi environment, social, and good governance (ESG). Hulu migas juga harus menciptakan peluang-peluang menjadi industri yang green energy serta selalu siap mengadapi perubahan,” imbuh Nico.

TENTANG SKK MIGAS
SATUAN KERJA KHUSUS PELAKSANA KEGIATAN USAHA HULU MINYAK DAN GAS BUMI

(selanjutnya disebut “SKK MIGAS”), suatu satuan kerja khusus yang diberikan tugas oleh Pemerintah RI c.q. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral untuk menyelenggarakan pengelolaan kegiatan usaha hulu Minyak dan Gas Bumi berdasarkan Peraturan Presiden No. 95/2012 jo. Peraturan Presiden No. 9/2013 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Presiden No. 36/2018 jo. Peraturan MESDM No. 2/2022.

SKK Migas bertugas melaksanakan pengelolaan kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi berdasarkan Kontrak Kerja Sama. Pembentukan lembaga ini dimaksudkan supaya pengambilan
sumber daya alam minyak dan gas bumi milik negara dapat memberikan manfaat dan penerimaan yang maksimal bagi negara untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Sumber : Humas Medco

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed