oleh

Gubernur Ansar Ajak Umat Islam Mengaktualisasikan Nilai- Nilai Al Qur’an Pada Peringatan Nuzulul Qur’an

-Batam, Kepri-20 views

ANAMBASNEWS.COM, Batam – Tabligh Akbar Peringatan Nuzulul Qur’an Tingkat Provinsi Kepri kembali digelar, dan pada Ramadhan 1445 H / 2024 M kali ini dilaksanakan di Masjid Jami Al Muhajirin, Tiban Indah, Kota Batam, Kamis (28/3) malam.

 

Kegiatan Nuzulul Qur’an yang mengangkat tema “Al Qur’an Sebagai Pedoman Hidup” juga menghadirkan penceramah dari Jakarta Ustad Fikri Haykal MZ, yang juga putra dari Dai Kondang Sejuta Umat Almarhum K.H. Zainudin MZ.

Dalam sambutannya Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengajak umat Islam di Kepulauan Riau, untuk menjadikan momentum peringatan Nuzulul Qur`an 1445 H, sebagai wujud mengaktualisasikan nilai-nilai Al Qur’an dalam kehidupan sehari- hari.

“Dengan kata lain, setiap gerak dan langkah kita dalam menjalani kehidupan, mesti harus berpedoman pada ajaran dan nilai- nilai yang terkandung dalam Al quran ,” ucapnya.

Dikatakan Gubernur Ansar, peringatan Nuzulul Qur’an adalah salah satu peristiwa yang sangat bersejarah bagi kita umat muslim. Karena pada bulan ramadhan ini, Allah SWT turunkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan pembeda antara yang haq dan bathil.

“Melihat keutamaan Alqur’an yang begitu luar biasa, tentu kita sebagai umat Islam, sudah seharusnya menjadikan Alqur’an tidak hanya sekedar membacanya saja, tapi bagaimana kita bisa mengamalkan setiap isi dan kandungan Alqur’an” harapnya.

Karena bila semua bisa mengaplikasikan apa yang terkandung dari isi kandungan Alqur’an dengan baik dan benar, Gubernur Ansar yakin masyarakat Kepri akan menjadi masyarakat yang qur’ani. Sehingga keberkahan akan turun ke seantero negeri Segantang Lada ini.

Gubernur Ansar juga menambahkan, Pemprov Kepri terus memberikan berbagai bantuan perbaikan untuk lebih dari 3.223 masjid dan rumah ibadah yang tersebar di seluruh Kepulauan Riau. Dimana tahun 2024 ini, Pemprov Kepri menaikan alokasi anggaran menjadi Rp114 miliar.

“Semua itu untuk membantu menjadikan berbagai rumah ibadah, khususnya yang ada di pulau – pulau, agar lebih memadai dan layak. Sehingga makin nyaman dipergunakan untuk beribadah” jelasnya.

Tak lupa Gubernur Ansar juga mengajak hadirin yang hadir untuk bersholawat bersama dengan membawa sholawat Yasir Lana. Apalagi Pemprov Kepri telah menetapkan sholawat untuk berbagai acara formal yang diselenggaran Pemerintah Provinsi Kepri.

Sementara Ustad Fikri Haykal dalam tausiahnya mengawali dengan memuji kepemimpinan Gubernur Kepri Ansar Ahmad, yang menurutnya memiliki prototipe yang lengkap. Beliau tidak hanya sebagai umaroh atau pemimpin tapi sekaligus juga sebagai ulama.

“Inilah pemimpin yang kita perlukan dan butuhkan ke depan. Dan Insha Allah, beliau akan bisa membawa kemaslahatan bagi Kepulauan Riau, ” ucapnya.

Ustad Fikri Haykal juga menyampaikan tausiyah, bahwa momentum ramadhan yang di dalamnya diturunkannya Alqur’an sebagai petunjuk bagi manusia secara umum, juga petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa dan petunjuk bagi orang-orang yang beriman.

Adapun Wakil Walikota Batam Amsakar Ahmad mengucapkan terimakasih, karena Masjid Al Muhajirin Kota Batam dipilih sebagai tempat pelaksanaan Peringatan Nuzulul Qur’an Tingkat Provinsi Kepri.

“Dimana banyak kemanfaatan dari pelaksanaan Nuzulul Qur’an yang dilaksanakan di Batam ini” jelasnya singkat.

Sedangkan Ketua Yayasan Masjid Jami Al Muhajirin Irwansah berterimakasih, karena masjid yang megah ini, tidak lepas dari banyaknya bantuan yang bersumber dari anggaran Pemerintah Provinsi Kepri. Dimana Gubernur Ansar banyak menyetujui bantuan untuk penyempurnaan maasjid kami.

“Semoga seluruh bantuan yang diberikan ke Masjid Jami Al Muhajirin membawa keberkahan untuk kita semua, dan segala hajat dan cita cita Bapak Ansar Ahmad diijabah Allah SWT amin,” doanya.

Pelaksanaan Nuzulul Qur’an kali ini dihadiri Ketua Tim PKK Provinsi Kepri Dewi Kumalasari Ansar, Anggota DPD RI Ria Saptarika, Anggota DPRD Provinsi Kepri Irwansyah, Yusuf, Tim Percepatan Pembangunan, Kepala OPD Pemprov Kepri, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Kepri dan Batam serta ribuan jamaah yang hadir.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan untuk Masjid Jami Al Muhajirin dari Pemerintah Provinsi Kepri mRp100 juta, bantuan Bank Riau Kepri Syariah Rp7 juta, bantuan dari Baznas Kepri Rp2 juta, serta bantuan bagi fakir dan miskin di lingkungan Masjid Jami Al Muhajirin.**

Laporan : Anwar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed