oleh

Festival Layang-Layang Hias Tradisional Semarakkan Peringatan HUT Ke-78 TNI AU di Lanud RSA Natuna

-Natuna-41 views

ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Lanud Raden Sadjad (RSA) Natuna menggelar Festival Layang-Layang hias tradisional dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU). Acara ini berlangsung di bibir pantai Lanud RSA Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (26/3/2024).

Festival Layang-Layang Hias ini diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai daerah maupun instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna. Langit dihiasi dengan berbagai jenis layang-layang, mulai dari layang-layang tradisional hingga layang-layang modern. Para peserta mulai dari anak-anak hingga orang dewasa saling menunjukkan keahlian mereka dalam menerbangkan layang-layang, dan para pengunjung pun disuguhkan dengan pemandangan yang indah serta penuh warna.

Komandan Lanud RSA Natuna, Kolonel Pnb Dedy Iskandar, S.Sos., M.M.S., M.Han., mengatakan bahwa festival lomba layang-layang hias tradisional ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan budaya dan tradisi bangsa Indonesia, khususnya budaya bermain layang-layang yang sudah ada sejak zaman dahulu. Selain itu, festival ini juga bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan sportivitas masyarakat, serta untuk mempererat tali silaturahmi antar warga Natuna.

“Festival ini diharapkan dapat menjadi ajang bagi masyarakat untuk menunjukkan bakat dan kreativitasnya dalam membuat dan menerbangkan layang-layang,” ujar Kolonel Dedy. “Selain itu, festival ini juga diharapkan dapat menjadi hiburan bagi masyarakat dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar melalui bazar murah yang diadakan,” tambahnya.

Pada festival ini, terdapat berbagai jenis layang-layang hias tradisional yang diterbangkan, seperti layang-layang aquarium, layang-layang Kekah primata khas Natuna dan layang-layang pesawat tempur TNI AU. Para peserta beradu kreativitas dalam membuat dan menerbangkan layang-layang mereka.

Tim juri yang berasal dari personel Basarnas Natuna menilai dari bermacam segi diantaranya dari buatan sendiri, kombinasi warna, keindahan desain, ketenangan layang-layang saat diterbangkan dan lain-lain.

Festival Layang-Layang ini merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI AU terhadap masyarakat Natuna. TNI AU ingin memberikan hiburan dan meningkatkan perekonomian masyarakat Natuna dalam rangka memperingati HUT ke-78 TNI Angkatan Udara.

Turut hadir dalam acara ini Bupati Natuna yang diwakili oleh Asisten II Bupati Kabupaten Natuna, Ir. Basri, M.Si, Ketua PIA AG Cabang 17/D.I Lanud RSA Natuna, Ny Santi Dedy Iskandar, Kapolres Natuna, Dandim 0318/Natuna, Dandenhanud 477 Kopasgat, Dansatrad 212, Danyon Komposit 1/Gardapati, Kejari Natuna, Kakansar Natuna, Dinas Pariwisata Natuna, Para pejabat Lanud RSA Natuna dan Tokoh masyarakat Natuna serta Masyarakat Natuna.(Sarwanto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed