oleh

Empat Personel Lanal Ranai Dilantik sebagai Pengawak Tugboat TD Ranai 405

ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Empat Personel Lanal Ranai yakni Serka Nav Dwi Putro, Serka Mes Juwadi, Serda Nav M. Wakit dan Kld Bah Ade Zulkifli resmi sebagai pengawak Tugboat TD Ranai 405 milik TNI A, Minggu 10 Desember 2023.

Peresmian Tugboat TD Ranai 405 sendiri dilaksanakan di Dermaga Slipway Galangan PT. Noahtu Shipyard, Tanjung Priok pada 8 Desember kemarin oleh Wakasal Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., M.Sc.

Sebelum resmi dilantik sebagai pengawak Tugboat TD Ranai 405, empat Personel Lanal Ranai menerima materi dan mengikuti pelatihan sebagai Cawak Tugboat TD Ranai 405 di Kolat Koarmada I selama dua minggu dan melaksanakan Familiarisasi Cawak dan BMT. Kapal Harbour Tug TD Ranai 405 di Galangan PT. Noahtu Shipyard, Tanjung Priok Jakarta Utara selama lima minggu.

Di tempat terpisah, Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Maman Nurachman menyampaikan bahwa Kapal Tunda atau Tugboat TD Ranai 405 akan digunakan oleh Koarmada I Tanjung Pinang dalam hal ini Lantamal IV Batam, untuk memandu pergerakan kapal – kapal besar, dalam hal ini adalah Kapal Perang Republik Indonesia (KRI).

Lebih lanjut, Komandan Lanal Ranai menyampaikan Tugboat TD Ranai 405 bisa juga digunakan sebagai alat pemadam kebakaran kapal maupun rumah yang berada di atas air yang sulit dijangkau mobil pemadam kebakaran, karena mengingat banyak rumah di wilayah Kepulauan Natuna berada di atas air sehingga keberadaan Tugboat TD Ranai 405 sangat tepat bila nantinya di tempatkan di Wilker Lanal Ranai.

Tugboat TD Ranai 405 memiliki kemampuan Search and Rescue (SAR) dengan adanya external fire fighting system atau alat pemadam api. Alat tersebut mampu menyemprotkan air sebanyak 650 meter kubik per jam dengan jarak jangkau 90 s.d. 100 meter. (Yahya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed