oleh

Disperindagkopim Gelar Pelatihan Pengelolaan Bisnis dan Manajemen Wirausaha Sentra IKM

ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Disperindagkopum) Natuna menggelar pelatihan pengelolaan bisnis dan manajemen wirausaha sentra Industri Kecil Menengah (IKM) di Kecamatan Bunguran Timur.

Kegiatan ini berlangsung di Aula Hotel Natuna Dive Resort (NDR), Kecatam Bunguran Timur, Natuna, pada Rabu, 12 Juni 2024.

Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Disperindagkopum) Natuna, Syafe’i mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan memberi peluang bagi pelaku IKM untuk mempelajari dan memperluas usahanya.

“Dengan adanya kegiatan ini juga pelaku IKM dapat meningkatkan kualitas pengelolaan bisnis dan manajemen wirausaha, mengembangkan potensi serta skil sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar,” ujarnya.

Syafe’i membeberkan, kegiatan ini digelar selama 4 hari dan diikuti sebanyak 30 pelaku yang aktif dalam IKM keripik dan hasil laut.

“Kami harap dari hasil pelatihan ini, para peserta, dapat mengetahui strategi pengelolaan bisnis serta memiliki wawasan yang luas dalam membangun usaha dan legalitas usaha,” ungkap dia.

Syafe’i menyebut, kegiatan ini mendatangkan dua narasumber dari Universitas Padjadjaran Bandung dan anggarannya bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) non fisik.

Sementara, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Natuna, Khaidir saat membuka kegiatan memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh peserta pelatihan IKM untuk menjadi contoh perubahan dan saling bersinergi dalam memajukan IKM.

“Kelompok IKM dapat memaksimalkan Fasilitas yang diberikan oleh Pemkab Natuna secara optimal dalam meningkatkan keterampilan, kreativitas, dan inovasi Produk IKM agar memiliki ciri khas,” ujarnya.

Khaidir berharap materi yang diberikan dapat di aplikasikan dengan baik oleh peserta pelatihan IKM, dan dapat meningkatkan Keterampilanya dengan mencontoh IKM dari luar yang sudah berhasil untuk dapat dikembangkan di daerah.(Sarwanto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed