oleh

Disparbud Anambas Fasilitasi Sertifikasi Tour Guide untuk Anggota HPI

ANAMBASNEWS.COM – Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Anambas memfasilitasi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Barelang International untuk memberikan sertifikasi kepada anggota DPC Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) Anambas sebagai Tour Guide. Kegiatan ini berlangsung di Aula Lantai 4 Hotel Tarempa Beach dan dihadiri oleh sejumlah pejabat dan perwakilan penting.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Disparbud Anambas, Ketua HPI Kepri, Tim Kerja Sertifikasi Profesi Kemenpraf, Direktur LSP Barelang International, Ketua HPI Anambas, serta seluruh peserta sertifikasi.

Dalam sambutannya, Direktur LSP Pariwisata Barelang International, Ryan Lianto, menjelaskan bahwa kegiatan ini menggunakan anggaran dari Kemenpraf untuk wilayah Kepri.

Ryan juga menyatakan bahwa sertifikasi di Anambas diadakan atas permintaan Kepala Disparbud Anambas dan organisasi HPI.

“Sebenarnya kuota saat ini untuk di Tanjungpinang dan Bintan, namun atas permintaan dari pihak pariwisata, kita putuskan menggelar di Anambas. Hal ini kita laksanakan sudah yang kedua, ini juga untuk memperpanjang sertifikasi yang ada sekaligus memberikan kesempatan bagi guide baru mendapatkan sertifikat, antusiasnya juga luar biasa,” jelas Ryan.

Ketua HPI Provinsi Kepri, Abdi Natigor H, mengatakan bahwa Anambas dipilih untuk menyelenggarakan Sertifikasi Tour Guide karena memiliki potensi pariwisata yang sangat baik. Banyak destinasi di Anambas yang berpotensi untuk berkembang dan diperkenalkan kepada khalayak ramai.

“Anambas merupakan salah satu tujuan dari turis mancanegara sebagai tempat yang wajib dikunjungi. Dengan adanya sertifikat tentu saja akan menciptakan SDM unggul. Kita melihat Anambas itu potensinya besar untuk berkembang di bidang pariwisata. SDM yang berkompeten juga merupakan salah satu penunjang agar pariwisata di Kepri, khususnya Anambas, bisa maju. Untuk itulah di gelar sertifikasi di Anambas,” kata Abdi.

Kepala Disparbud Anambas, Effi Sjuhari, menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh LSP Barelang International. Menurutnya, hal ini bisa berdampak baik pada sektor pariwisata dan SDM di Anambas.

“Kita tentu saja senang akan hal ini, terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi untuk menjadikan Anambas sebagai sasaran sertifikasi dari LSP Barelang International,” ucap Effi, Jumat, 31/5/2024.

Effi juga menambahkan bahwa sertifikasi ini sangat berguna sebagai tanda bahwa SDM tersebut telah bersertifikat atau resmi. Hal ini tentu saja akan berguna dan harapannya bisa bermanfaat bagi banyak pihak.

“Sertifikasi ini tentu sangat penting, baik yang baru mau mendapatkan sertifikasi ataupun perpanjangan sertifikat. Diharapkan dengan adanya hal ini bisa menjadi sesuatu yang akan mendongkrak banyak sektor,” tutur Effi.(Akbar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed