oleh

Lizawati Sebut Dinas Kesehatan Anambas akan Gesa BIAN

-Anambas-77 views

ANAMBASNEWS.COM  – Target pada pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) akan terus di gesa oleh Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Anambas.

Hal ini disampaikan, oleh Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi, Lizawati, saat di wawancara Anambasnews.com, Kamis 30 Juni 2022.

“Dalam kegiatan imunisasi tentunya kita sosialisasi dan pendekatan terlebih dulu kepada masyarakat tentang pentingnya imunisasi bagi anak-anak. Sehingga kita laksanakan imunisasi di sekolah-sekolah dan Posyandu,” kata Liza.

Ia mengakui, meski sudah dilakukan sosialisasi dan pendekatan, tetap ada orangtua yang tak mengizinkan anaknya untuk mengikuti imunisasi.

“Orangtua yang menolak tetap ada, namun tidak banyak. Karena kita lakukan imunisasi di sekolah, maka ada surat persetujuan yang dilayangkan kepada para orangtua siswa. Tetapi jika orangtua tidak mengizinkan, kami tidak bisa berbuat banyak,” terangnya.

Menurutnya, para Imunisator juga mengalami kendala selama pelaksanaan imunisasi, yang salah satunya yakni jarak dari satu pulau ke pulau yang lain memiliki waktu tempuh yang cukup lama.

Namun, di salah satu daerah yang menjadi kendala pihaknya yakni di Kecamatan Siantan Selatan, selain sinyal yang belum memadai, jarak tempuh yang harus dilalui juga jauh, sehingga capaian imunisasi di Siantan Selatan sedikit terhambat.

“Di Kecamatan Siantan Selatan, selain faktor cuaca yang membuat tim tidak bisa berangkat kesana, jarak tempuhnya juga cukup jauh. Ditambah lagi ketika tim tiba disana, ada anak yang kondisinya sedang sakit sehingga tidak bisa disuntik,” pungkasnya. (*Roza)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed