oleh

Desa Binjai di Natuna Galakkan Program Ketahanan Pangan untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Pemerintah Desa Binjai, Kecamatan Bunguran Barat, Natuna, menggalakan program ketahanan pangan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Hal ini tentunya sesuai dengan nawacita pemerintah pusat, serta didukung potensi lahan yang luas dan bagus untuk pertanian.

Kepala Desa Binjai Abdul Rosyid mengatakan, untuk saat ini ada dua kelompok pertanian dibawah binaan desa. Keduanya disupport anggaran melalui Dana Desa (DD) bidang ketahanan pangan.

Kelompok pertama digerakkan untuk pertanian ubi kayu seluas 2 hektar. Sedangkan kelompok kedua untuk menanam pisang dan ubi kayu (masing-masing 1 hektar).

“Tujuan kita sama dengan pemerintah yaitu untuk peningkatan ekonomi masyarakat dengan menggerakkan bidang ketahanan pangan,” ujarnya saat dikonfirmasi di kantor Desa Binjai, Selasa, 17 Oktober 2023.

Rosyid mengatakan, untuk kelompok pertama tidak lama lagi akan panen raya yang diperkirakan mencapai 6 ton ubi kayu. Sedangkan kelompok kedua masih menunggu waktu beberapa bulan kedepan.

Dengan menggerakkan kelompok pertanian ini, Rosyid berharap, kedepannya dapat berjalan dengan baik sehingga dapat mendongkrak ekonomi warga.

“Untuk bantuan yang kita kucurkan kepada kelompok tani ini sifatnya tidak ada pengembalian,” sebutnya.

Sedangkan untuk pemasarannya sendiri kata Rosyid, apabila nantinya menuai kendala di lapangan, maka pihaknya akan bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Untuk tahun 2024 mendatang, insyallah pada bidang ketahanan pangan kita akan mengarah ke kelompok peternakan sapi, mudah-mudahan lah semua lancar tak ada kendala,” harap pria yang sudah dua periode menjabat Kades Binjai ini.(Yahya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed