oleh

Bupati Abdul Haris Resmikan Penerapan DIGIDESA di Piasan

ANAMBASNEWS.COM – Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, secara langsung meresmikan penggunaan dan penerapan Digital Desa (DIGIDESA) di Desa Piasan Kecamatan Siantan Utara, pada Selasa, 2 Juli 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Haris memberikan apresiasi atas kreatifitas dan Inovatif yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Piasan dalam memberikan kemudahan akses pelayanan kepada masyarakat.

“Saya berharap inovasi positif seperti ini juga dapat diterapkan oleh desa-desa lain, sehingga kedepannya akses pelayanan di desa-desa Kabupaten Kepulauan Anambas ini semakin mudah dan semakin berkembang, disisi lain membuat proses lebih efisien mengingat letak geografis kita yang pulau-pulau pemanfaatan digitalisasi sangatlah perlu”, ucapnya

Haris juga berpesan agar dalam pengelolaan aplikasi tersebut juga diperhatikan tingkat keamanan data masyarakat agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan.

Sementara, Sebagai upaya memberikan kemudahan akses pelayanan terbaik bagi masyarakat di desa,

Kepala Desa Piasan, Zainal Aripin, menjelaskan bahwa Aplikasi DIGIDESA merupakan platform inovatif untuk pengelolaan desa yang menyediakan berbagai layanan.

Zainal menyebut, aplikasi ini dapat memberikan layanan seperti, Administrasi, Persuratan Terstandar, Pengelolaan Pajak PBB-P2, Manajemen Bansos, Website Profil Desa, dan layanan pendukung lainnya seperti Siskuedes Online, WebGIS, & Pantuan Kecamatan & Kabupaten dalam Dashboard.

Selain itu, Zainal menuturkan, berbagai pelayanan yang dapat diaksas melalui aplikasi tersebut yakni :
1. Layanan Administrasi Umum : Buku Induk Kependudukan, Mutasi Penduduk Desa, Rekapitulasi Jumlah Penduduk, Penduduk Sementara, KTP dan Keuangan.
2. Layanan Administrasi Kelembagaan : Data Anggota PKK, LPMD, Karang Taruna, Posyandu, RT & RW, Bumdes, BPD, Keputusan BPD, Kegiatan BPD.
3. Layanan Lain-Lain : Absen Staf dan buku tamu, Keterbukaan Publik, Pelayanan Surat, Profil Desa, Berita Desa, Bansos, Pajak dan Andi Smart.(*Akbar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed