oleh

Buka Musrenbang 2024, Bupati Natuna Tekankan Pentingnya Peningkatan Ekonomi

ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Bupati Natuna, Wan Siswandi, secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Natuna tahun 2024 di Gedung Sri Serindit, Ranai, Selasa, 5 Maret 2024 malam.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak yang memiliki kepentingan terkait pembangunan daerah tersebut.

Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Natuna, Moestafa Albakry, menjelaskan bahwa Musrenbang diselenggarakan untuk mempertajam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025. M.

Bupati Natuna, Siswandi saat membuka Musrenbang tahun 2024.

“Musrenbang ini didasarkan pada peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah,” jelas Moestafa.

Moestafa mengutarakan, tujuan dari Musrenbang tahun 2024 adalah untuk mendapatkan masukan dari berbagai stakeholder guna menyempurnakan Rancangan RKPD Natuna tahun 2025.

“Hal ini dilakukan dengan membahas Rancangan RKPD tahun 2025 untuk menyepakati prioritas pembangunan daerah, menyepakati program, kegiatan, sub-kegiatan, pagu indikatif, indikator, target kinerja, serta lokasi,” tuturnya.

Ia berharap, dengan melibatkan berbagai pihak dalam Musrenbang, akan lahir instrumen prioritas untuk mengatasi persoalan yang dihadapi saat ini, seperti kemiskinan, pengangguran, pelayanan kesehatan, pendidikan, infrastruktur, peningkatan layanan publik, dan peningkatan pertumbuhan ekonomi, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Natuna pada tahun 2025.

Wakil Bupati, Sekda dan OPD Kabupaten Natuna menghadiri acara Musrenbang Tahun 2024.

Sementara, Bupati Wan Siswandi menyampaikan bahwa keberhasilan pembangunan suatu wilayah akan diukur dari beberapa indikator, antara lain Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM), Pertumbuhan Ekonomi, Kemiskinan, PDRB Perkapita, dan Indeks Gini.

“Estimasi Pendapatan tahun 2025 sebesar Rp. 1.237.372.010.000 dengan fokus kebijakan pembangunan pada upaya pemantapan ekonomi maritim,” ujar Siswandi.

Visi pemerintah Kabupaten Natuna tahun 2021-2026 adalah Kabupaten Natuna sebagai Kabupaten Maritim yang unggul, eksotis, aman, dengan kemandirian ekonomi berlandaskan nilai religius dan kultural.

Untuk mewujudkannya, Bupati Siswandi menekankan peningkatan ekonomi dengan mengoptimalkan sumber daya unggulan daerah, peningkatan kualitas sumber daya manusia, infrastruktur, serta tata kelola pemerintahan yang berkualitas.

“Seluruh peserta Musrenbang diharapkan dapat memberikan partisipasi positif guna menyempurnakan rancangan RKPD tahun 2025. Aspirasi dan harapan dari berbagai pihak diharapkan dapat dihimpun untuk menyusun sasaran program yang sesuai dengan visi, misi, dan isu strategis Kabupaten Natuna,” ungkapnya.

Terakhir, Siswandi meminta kepala perangkat daerah memegang teguh komitmen terkait pelaksanaan kegiatan strategis dan program prioritas serta melakukan evaluasi secara cermat dalam pengalokasian anggaran.(Adv)

(Sarwanto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed