oleh

Anambas: Surga Wisata Tersembunyi di Barat Sumatera

ANAMBASNEWS.COM – Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, merupakan daerah kepulauan yang terletak di wilayah Barat Sumatera, Indonesia.

Baru berumur 15 tahun sejak berpisah dari Kabupaten Natuna pada 24 Juni 2008, Anambas memiliki potensi wisata yang luar biasa berkat kondisi geografisnya yang terdiri dari hampir 95 persen laut dan 255 pulau, dengan 26 di antaranya berpenghuni.

Potensi wisata di Anambas terhampar indah di setiap pulau. Wisatawan dapat menikmati keindahan batu-batu alam yang alami, laut jernih nan eksotis, terumbu karang yang terjaga, dan pantai-pantai yang mempesona.

Salah satu destinasi utama adalah Pantai Padang Melang, pantai terpanjang di Anambas yang membentang lebih dari 7,2 kilometer dengan pasir putih yang memukau.

Pantai Padang Melang, terletak di Kelurahan Letung, Kecamatan Jemaja, merupakan ikon Anambas yang menarik banyak wisatawan lokal dan mancanegara.

Keindahan pantai ini tidak hanya memanjakan mata, tetapi juga menjadi lokasi event bertaraf internasional seperti Festival Padang Melang, yang diadakan setiap tahun untuk memperkenalkan pariwisata Anambas.

Pantai ini selalu ramai dikunjungi setiap hari, berkat pelabuhan kecil yang memfasilitasi penumpang pesawat untuk melanjutkan perjalanan ke Tarempa. Pengunjung dapat menikmati pantai tanpa biaya retribusi, dan beristirahat di gazebo-gazebo sambil menikmati kuliner khas Anambas.

Juntak, seorang pengunjung dari Tanjung Pinang, menyatakan kekagumannya terhadap Pantai Padang Melang.

“Pantai ini sangat indah dan luas, saya bisa memanjakan mata saya sepanjang hari,” katanya.

Ia mengaku akan sering berkunjung ke Anambas, mengingat akses transportasi yang mudah dan harga kuliner yang terjangkau.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Guntur Sakti, mengakui potensi pariwisata Anambas yang sangat besar.

“Anambas memiliki atraksi alam dan budaya yang mempesona. Untuk menjadi destinasi unggulan, perlu peningkatan daya saing dari aspek aksesibilitas, amenitas, ancilary, dan aktivitasnya,” ujarnya.

Guntur juga menekankan pentingnya menjaga keaslian dan budaya lokal dalam pengembangan wisata.

“Arah kebijakan pembangunan pariwisata Anambas harus berbasis alam dan budaya dengan prinsip berkelanjutan dan regeneratif,” pesannya.

Dengan segala keindahan dan potensinya, Anambas siap menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia, menawarkan pengalaman alam yang tak terlupakan bagi setiap pengunjung.(Akbar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed