oleh

Komisi I DPRD Natuna Soroti Jam Belajar Malam Pelajar

-Natuna-51 views

ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Penggunaan jam malam bagi pelajar merupakan salah satu kebijakan yang telah diterapkan di Kabupaten Natuna.

Namun, menurut Ketua Komisi I DPRD Natuna, Wan Aris Munandar, kebijakan tersebut dinilai kurang efektif. Meskipun demikian, terdapat perkembangan positif terkait penurunan kenakalan remaja di wilayah tersebut.

Wan Aris menyatakan, salah satu kendala utama dalam menjalankan kegiatan pengawasan ini adalah keterbatasan anggaran.

“Dibutuhkan anggaran operasional yang memadai untuk membentuk tim dan melaksanakan kegiatan lapangan. Meski demikian, tim yang telah dibentuk tetap berusaha melakukan sosialisasi mengenai bahaya kenakalan remaja, baik melalui sekolah maupun media sosial,” ujarnya, Jumat 23 Februari 2024.

Dampak dari kebijakan ini sudah mulai terlihat, dengan adanya penurunan jumlah remaja yang berkeliaran di malam hari, terutama di area-area yang memiliki akses internet.

Selain itu, kerjasama antara TNI dan Polri dalam melakukan patroli juga memiliki dampak positif yang signifikan, membantu mengurangi perilaku keluyuran remaja di malam hari.

Wan Ari meneragkan, faktor lain yang turut berkontribusi adalah jam pulang sekolah yang cukup larut, hingga pukul 16.00 WIB. Hal ini membuat anak-anak menjadi lelah dan kurang memiliki waktu untuk berkumpul di luar rumah.

“Selain itu, peran orang tua yang aktif juga memegang peranan penting dalam mengawasi aktivitas anak-anak mereka di luar rumah,” ungkapnya.

Dengan adanya kerjasama antara berbagai pihak dan kesadaran akan pentingnya mengawasi aktivitas remaja di malam hari, diharapkan dapat terus meningkatkan efektivitas peraturan jam malam bagi pelajar di Kabupaten Natuna.

Meskipun masih terdapat kendala-kendala yang perlu diatasi, langkah-langkah yang telah dilakukan menunjukkan progres positif dalam upaya mengurangi kenakalan remaja dan menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi generasi muda.(Sarwanto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed