oleh

Jaga Keseimbangan Biota Laut, Lanal Tarempa Dukung Pembuatan Terumbu Karang di Kepulauan Anambas

ANAMBASNEWS.COM – Lanal Tarempa aktif mendukung kegiatan pembuatan terumbu karang buatan (Artificial Reef) di wilayah perairan desa Tarempa Barat Daya, kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas provinsi Kepulauan Riau.

Pembuatan terumbu karang buatan, diselenggarakan oleh Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kepulauan Anambas yang recananya dilaksanakan selama Sepuluh hari sejak hari Senin 21 Maret 2022 lalu.

Komandan Lanal Tarempa, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M. Tr. Opsla. mengatakan, pembuatan terumbu karang atau dalam istilah lain Artificial Reef, adalah suatu kegiatan yang sangat baik, karena terumbu karang merupakan ekosistem laut dangkal yang ada pada iklim tropis yang paling kompleks dan produktif tetapi juga merupakan ekosistem yang paling rentan terhadap perubahan lingkungan.

“Oleh sebab itu kita harus menjaga atau melestarikannya, terumbu karang akan memberikan banyak manfaat yang besar bagi kehidupan dan lingkungan biota yang hidup di sekitarnya dan pada akhirnya juga bagi kehidupan manusia,” ucap Danlanal Tarempa.

“Saya selaku Komandan Pangkalan TNI AL, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, saya akan senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan yang bersifat positif seperti ini, karena hal ini selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono Jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan,” katanya.

Ia berharap kepada pemuda Anambas, baik perorangan maupun kelompok serta organisasi, dapat mencontoh apa yang sudah dilakukan oleh HNSI. “Kita tidak bisa hanya mengharapkan pemerintah, karena masalah pelestarian lingkungan atau alam, adalah tanggung jawab kita bersama,” Tambah Danlanal.

Sementara itu, menurut Perwira Staf Potensi Maritim (Paspotmar) Lanal Tarempa, Kapten Laut (P) Sunaryo, selaku kepanjangan tangan Komandan Lanal dibidang Maritim, kegiatan tersebut merupakan salah satu tugasnya dalam rangka pembinaan terhadap Potensi Maritim dan berharap kegiatan serupa akan terus dilaksanakan.

Pembuatan terumbu karang buatan yang diselenggarakan oleh HNSI Anambas, juga didukung oleh Satpolair Polres KKA, Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan KKA dan Konservasi Loka Kepri, kegiatan tersebut akan berahir hari Rabu tanggal 30 Maret 2022. (*Pd)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed